Latest Product :

CERITA TENTANG FIBERGLASS

Bahan non logam ternyata juga banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat bodi kendaraan. Salah satu bahan non logam tersebut yaitu Fiberglass. Fiberglass merupakan bahan paduan atau campuran beberapa bahan kimia (bahan komposit) yang bereaksi dan mengeras dalam waktu tertentu. Bahan ini mempunyai beberapa keuntungan dibandingkan bahan logam, diantaranya : lebih ringan, lebih mudah dibentuk, dan lebih murah.
Fiberglass atau serat kaca telah dikenal orang sejak lama, dan bahkan peralatan-peralatan yang terbuat dari kaca mulai dibuat sejak awal abad ke 18.
Mulai akhir tahun 1930-an, Fiberglass dikembangkan melalui proses filament berkelanjutan (continuous filament proses) sehingga mempunyai sifat-sifat yang memenuhi syarat untuk bahan industri, seperti kekuatannya tinggi, elastis, dan tahan terhadap temperature tinggi.Membayangkan peralatan-peralatan yang terbuat dari kaca (glass), kebanyakan orang akan beranggapan bahwa peralatan tersebut pasti akan mudah pecah. Akan tetapi melalui proses penekanan, cairan atau bubuk kaca diubah menjadi bentuk serat akan membentuk bahan tersebut dari bahan yang mudah pecah (brittle materials) menjadi bahan yang mempunyai kekuatan tinggi (strong materials). Manakala kaca (glass) diubah dari bentuk cair atau bubuk menjadi bentuk serat (fiber), kekuatannya akan meningkat secara tajam.

Kekuatan tarik maksimal dari satu serat kaca dengan diameter 9 – 15 micrometer mencapai 3.447.000 kN/m. Oleh karena itu Fiberglass merupakan salah satu material/bahan yang mempunyai kekuatan sangat tinggi.Pemanfaatan Fiberglass untuk produk otomotif sudah sangat luas, tidak hanya untuk pembuatan bodi kendaraan akan tetapi juga untuk berbagai komponen kendaraan yang lain. Penggunaan yang paling populer memang untuk membuat komponen bodi kendaraan. Selain anti karat, juga lebih tahan benturan, mudah dibentuk, bila rusak akan lebih mudah diperbaiki, dan lebih ringan. Dengan bahan Fiberglass, kendaraan dimungkinkan akan lebih hemat konsumsi bahan bakarnya.

Pemanfaatan Fiberglass di Indonesia masih terbatas untuk pembuatan komponen bodi kendaraan minibus dan bus saja. Belum ada kendaraan jenis sedan rakitan dalam negeri yang mencantumkan spesifikasi aslinya sebagai bodi dengan bahan Fiberglass, semuanya masih menggunakan pelat baja. Akan tetapi pemanfaatan Fiberglass di luar negeri sudah jauh lebih luas. Fiberglass banyak dipergunakan untuk pembuatan mobil-mobil sport dengan produksi terbatas.

Fiberglass juga banyak dipergunakan untuk pembuatan mobil-mobil kit yang dijual secara terurai dan dirakit sendiri oleh pembelinya. Pemanfaatan Fiberglass yang paling banyak dan palingluas adalah di pabrik kendaraan yang membuat kendaraan masa depan dalam rangka penelitian. Di samping Fiberglass, rancangan dan konsep mobil masa depan tersebut biasanya terbuat dari aluminium atau serat karbon. Di samping mudah dibentuk mengikuti model yang rumit sekalipun, kecenderungan teknologi masa depan kelihatan akan mengarah ke penggunaan bahan komposit ini.

Untuk sektor industri komponen, pemanfaatan bahan Fiberglass juga sudah cukup meluas. Produsen kendaraan besar sudah memanfaatkannya untuk membuat komponen-komponen tertentu. Daimler Benz misalnya memanfaatkan Fiberglass untuk pembuatan bodi dan bagian-bagian interior. Produsen mobil Opel memanfaatkannya untuk pembuatan bagian-bagian bodi yang disyaratkan super kuat, sedangkan produsen mobilPorsche banyak memanfaatkannya untuk membuat bagian-bagian interior atap geser (sliding roof), bumper, dan spoiler. Khusus untuk bumper dan spoiler, di negara kita sudah banyak bengkel kecil yang mampu membuatnya dari bahan Fiberglass.

PROSES AIR BRUSH
Ini beberapa gambar yang diambil saat proses painting, biasanya menggunakan teknik air brush:

TERIMA PESANAN MASKOT DARI FIBERGLAS


Share this article :

+ comments + 1 comments

Sunday, 27 November, 2011

1 ungkapan buat blog ini, LUAR BIASA! Sy suka n tertarik banget dengan informasi ini, karena slama ini sy sedang bingung mencari "bisnis rumahan kcil2an, tp setelah sy membaca lengkap ttg pmbuatan fiberglass ini sy jd tergugah untuk mempelajari lebih mendalam dan segera memulai dan memperaktekan jenis usaha ini. karena sy tertarik untuk pembuatan body motor/ mobil. kalo boleh sy ingin magang dan belajar di perusahaan anda agar menghasilkan ilmu dan pengalaman yang maximal untuk bekal usaha sy kelak. sy sekarang masih di DUBAI UAE sebagai designer sebuah Retail. sy sudah cappek hidup jauh dr keluarga, ingin membuat bisnis/usaha sendiri. mohon bantuannya. Terimakasih Holil Nurohman
email: holilnurohman@yahoo.com
blog: holilnurohman.wordpress.com
fb: holil nurohman
hp: +971 554366341 (no slama sy di dubai)

Post a Comment

www.endofiberglass.com

ENDO FIBERGLASS adalah Perusahaan yang memproduksi aneka macam produk dari bahan utama fiberglass. Diantaranya :

PRODUCT OF WATER BOOM & ART FIBERGLASS :
- Peluncuran Water boom, - Perosotan, - Playground, - Water slide, - Aneka macam produk mainan dari fiber glass

CONSTRUCTIONS CIVIL ENGINEERING:
- Tanki Air / Minyak dari Fiberglass, - Panel Tank Fiberglass, - Septic Tank Fiberglass, - Storage Tanks Fiberglass, - Talang Air, Pelapisan Fiberglass

AUTOMOTIVE PARTS FIBERGLASS
- Accessories Mobil : Bumper, Spoilers, Car body parts dll, - Accessories Motor : Tangki, Box, Helm dll

PRODUCT TRANSPORTATION FIBERGLASS
- Kayak, Sepeda Air, Canoe, Boats, Papan Surfing, - Sarana dan alat transportasi sales dan marketing, dibuat dalam berbagai model dan ukuran sesuai yang perusahaan anda kehendaki. kami menerima pesanan dalam jumlah besar maupun kecil.

JOB ORDER / CUSTOM MADE PRODUCT FIBERGLASS
- Aneka Box berbagai model dan type ukuran, - Payung Fiberglass, Manekin / Mannequin, - Patung Fiberglass
- Aneka Kiddie Ride, - Kursi Fiberglass, Bangku Fiberglass, - Boneka mc Donald, Kuda-kudaan, Kereta Fiber, - Mobil-mobilan, - Bak atau Tong Sampah

Kami menerima desain anda dalam format jpeg, png, bmp. mohon lampirkan juga ukuran secara detail.
Kirima via email ke : neniprasendo@gmail.com
Mohon konfirmasi via SMS : 021-82437804, 8720620, 08176988578 jika email sdh dikirimkan.
Kami akan mereply email anda secepatnya.

Hormat kami,

ENDO / NENI
website : www.waterpark.co.id
Telp : 021-82437804, 8720620
Fax : 021-87717934
HP: 08176988578, 081808127049
 
Support : Creating Website | Endo Fiberglass | Fiberglass Professional
Copyright © 2011. ENDO FIBERGLASSS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Hendro Prasetyo
Proudly powered by Blogger