
Fiberglass atau serat kaca telah dikenal orang sejak lama, dan bahkan peralatan-peralatan yang terbuat dari kaca mulai dibuat sejak awal abad ke 18.
Mulai akhir tahun 1930-an, Fiberglass dikembangkan melalui proses filament berkelanjutan (continuous filament proses) sehingga mempunyai sifat-sifat yang memenuhi syarat untuk bahan industri, seperti kekuatannya tinggi, elastis, dan tahan terhadap temperature tinggi.Membayangkan peralatan-peralatan yang terbuat dari kaca (glass), kebanyakan orang akan beranggapan bahwa peralatan tersebut pasti akan mudah pecah. Akan tetapi melalui proses penekanan, cairan atau bubuk kaca diubah menjadi bentuk serat akan membentuk bahan tersebut dari bahan yang mudah pecah (brittle materials) menjadi bahan yang mempunyai kekuatan tinggi (strong materials). Manakala kaca (glass) diubah dari bentuk cair atau bubuk menjadi bentuk serat (fiber), kekuatannya akan meningkat secara tajam.
Kekuatan tarik maksimal dari satu serat kaca dengan diameter 9 – 15 micrometer mencapai 3.447.000 kN/m. Oleh karena itu Fiberglass merupakan salah satu material/bahan yang mempunyai kekuatan sangat tinggi.Pemanfaatan Fiberglass untuk produk otomotif sudah sangat luas, tidak hanya untuk pembuatan bodi kendaraan akan tetapi juga untuk berbagai komponen kendaraan yang lain. Penggunaan yang paling populer memang untuk membuat komponen bodi kendaraan. Selain anti karat, juga lebih tahan benturan, mudah dibentuk, bila rusak akan lebih mudah diperbaiki, dan lebih ringan. Dengan bahan Fiberglass, kendaraan dimungkinkan akan lebih hemat konsumsi bahan bakarnya.

Fiberglass juga banyak dipergunakan untuk pembuatan mobil-mobil kit yang dijual secara terurai dan dirakit sendiri oleh pembelinya. Pemanfaatan Fiberglass yang paling banyak dan palingluas adalah di pabrik kendaraan yang membuat kendaraan masa depan dalam rangka penelitian. Di samping Fiberglass, rancangan dan konsep mobil masa depan tersebut biasanya terbuat dari aluminium atau serat karbon. Di samping mudah dibentuk mengikuti model yang rumit sekalipun, kecenderungan teknologi masa depan kelihatan akan mengarah ke penggunaan bahan komposit ini.
Untuk sektor industri komponen, pemanfaatan bahan Fiberglass juga sudah cukup meluas. Produsen kendaraan besar sudah memanfaatkannya untuk membuat komponen-komponen tertentu. Daimler Benz misalnya memanfaatkan Fiberglass untuk pembuatan bodi dan bagian-bagian interior. Produsen mobil Opel memanfaatkannya untuk pembuatan bagian-bagian bodi yang disyaratkan super kuat, sedangkan produsen mobilPorsche banyak memanfaatkannya untuk membuat bagian-bagian interior atap geser (sliding roof), bumper, dan spoiler. Khusus untuk bumper dan spoiler, di negara kita sudah banyak bengkel kecil yang mampu membuatnya dari bahan Fiberglass.
PROSES AIR BRUSH
Ini beberapa gambar yang diambil saat proses painting, biasanya menggunakan teknik air brush:

TERIMA PESANAN MASKOT DARI FIBERGLAS

+ comments + 1 comments
1 ungkapan buat blog ini, LUAR BIASA! Sy suka n tertarik banget dengan informasi ini, karena slama ini sy sedang bingung mencari "bisnis rumahan kcil2an, tp setelah sy membaca lengkap ttg pmbuatan fiberglass ini sy jd tergugah untuk mempelajari lebih mendalam dan segera memulai dan memperaktekan jenis usaha ini. karena sy tertarik untuk pembuatan body motor/ mobil. kalo boleh sy ingin magang dan belajar di perusahaan anda agar menghasilkan ilmu dan pengalaman yang maximal untuk bekal usaha sy kelak. sy sekarang masih di DUBAI UAE sebagai designer sebuah Retail. sy sudah cappek hidup jauh dr keluarga, ingin membuat bisnis/usaha sendiri. mohon bantuannya. Terimakasih Holil Nurohman
email: holilnurohman@yahoo.com
blog: holilnurohman.wordpress.com
fb: holil nurohman
hp: +971 554366341 (no slama sy di dubai)